Rabu, 08 Agustus 2018

ILMU BARU Cara Membuat BUbuk Coklat Singkat

Image result for membuat bubuk coklat

Sesudah saya encari-cari beberapa artikel selanjutnya saya temukan bagaimanakah cara memproses buah kakao dengan simpel. Itu juga sudah saya coba bersama dengan kakak saya. 
Langkah simpel ini ada kekurangannya yakni citarasa minuman cokelat yang anda bikin dengan ikuti langkah membuat yang saya menawarkan nyatanya mempunyai perasaan yag berlainan dengan minuman cokelat instan. Tetapi yakinlah kalaupun kandungan gizi cokelat dari hasi pemrosesan manual ini sama dengan olahan pabrik. 

Mari secara langsung saja, di bawah ini beberapa langkah sederhananya : 

Pilih buah kakao yang betul-betul masak untuk memperoleh kualitas biji yang prima untuk di proses. 
Iris buah kakao serta ambli semua biji yang berada di dalamnya. 
Untuk menghilangkan lendir atau daging pada biji kakao butuh di fermentasikan. Yakni lewat cara : 
Fermentasi ini mempunyai tujuan untuk mempermudah melepas lender dari permukaan kulit biji hingga bisa membuahkan biji dengan kualitas serta aroma serta cita perasaan yang baik, diluar itu juga membuat biji jadi tahan hama serta amur. 
Beberapa alat fermentasi diantaranya : kotak fermentasi terbuat dari lembaran papan atau berbentuk keranjang bamboo, hamparan daun pisang atau karung goni 
Tehnik fermentasi pada intinya biji dimasukkan ke kotak fermentasi yang terbuat dari bamboo atau papan, dihamparkan di atas daun pisang serta ditutup dengan juga daun pisang, dikerjakan saat 3 hari untuk dikerjakan pembalikan serta di hari ke enam, biji siap di keluarkan untuk dikerjakan pengeringan 
Untuk memisahkan lendir juga dapat dikerjakan dengan memakai depulper untuk percepat proses fermentasi. 
Keringkan biji-biji kakao tertulis di bawah cahaya matahari sampai betul-betul kering, sinyal biji kakao telah kering, biji itu dapat dipatahkan dengan gampang. 
Pilihan pengeringan juga dapat digunakan oven sampai kandungan air biji kakao itu habis. 
Sesudah biji kakao itu kering prima gongsenglah biji0-biji kakao itu sampai beralih warna (kira-kira 30 menit di penggorengan). Ketika di penggorengan terslah mengaduk supaya biji kakao yang digoreng terpanggang dengan rata. 
Sesudah semua biji kakao terpanggang dengan rata dinginkan kira-kira 1 jam. 
Tumbuk atau haluskan semua biji kakao yang telah dipanggang (digongseng) itu, alat untuk menumbuknya dapat dipakai alu, jus atau mesin pengguling tepung. 
Sesudah semua biji kakao tertumbuk halus jemur tepung biji kakao (tepung cokelat) itu di dalam ruang saat sehari satu malam. 
Bubuk biji kakao tersebutlkah yang kita ucap dengan cokelat bubuk, serta itu telah langsung bisa dikonsumsi. 
Mungkin saja itu saja yang bisa saya berikan, tentang pemrosesan biji kakao jadi suatu coklat. Untuk pengolahannya sendiri kamu bisa mencarinya sendiri lewat internet. 
Demikian terima kasih atas kunjungannya. : -)

Sumber : http://fabianusdamar.blogspot.com/2014/11/cara-mengolah-buah-kakao-menjadi-bubuk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar