Senin, 23 Juli 2018

Cara Panen Kopi Terbaik



Tanaman kopi telah mulai berbuah pada usia 2, 5-3 tahun untuk robusta serta 3-4 tahun untuk arabika. Akan tetapi buah kopi pertama umumnya cuma dikit. Produktivitasnya mulai naik optimal sesudah berusia 5 tahun ke atas. 

Type arabika serta robusta berbuah dengan cara musiman. Robusta membutuhkan waktu 8-11 bulan mulai dari kuncup sampai masak. Sedang arabika membutuhkan waktu 6-8 bulan. Type kopi lainnya seperti liberika dapat berbuah selama tahun. 

Tingkat kematangan buah kopi tidak berlangsung dengan cara serentak. Hingga proses pemanenan membutuhkan waktu yang lama. Musim panen kopi di Indonesia umumnya diawali pada bulan Mei/Juni serta selesai seputar Agustus/September. Periode panen raya berjalan 4-5 bulan dengan frekwensi pemetikan buah kopi dapat tiap-tiap 10-14 hari sekali. 


Buah kopi siap panen 
Tanda-tanda buah kopi yang sudah masak dapat disaksikan dari warna kulitnya. Buah kopi yang terbaik untuk dipanen merupakan yang sudah masak penuh, berwarna merah. Akan tetapi karena beberapa argumen, beberapa petani kerap memanen buah yang masih tetap berwarna kuning bahkan juga hijau. 

Langkah memanen buah kopi 

Tiap-tiap tingkat kematangan membuahkan karakter kopi yang berbeda. Di bawah ini karakter buah kopi disaksikan dari tingkat kematangannya : 

Warna hijau serta hijau kekuningan. Warna ini mengisyaratkan keadaan buah kopi masih tetap muda. Jika diambil bijinya berwarna pucat keputihan serta keriput. Aroma serta postur (bodi) yang dibuat masih tetap begitu lemah. Buah semacam ini tidak dianjurkan tidak untuk diambil. 
Warna kuning kemerahan, tunjukkan telah mulai masak. Aroma serta posturnya mulai merasa mantap. Bijinya berwarna keabu-abuan. Buah semacam ini telah bisa untuk diambil. 
Warna merah penuh, tunjukkan buah sudah masak prima. Aroma serta citarasanya sudah tercipta dengan mantap. Kondisi buah semacam ini adalah keadaan terbaik untuk diambil. 
Warna merah tua, mengisyaratkan buah telah terlalu masak. Bijinya berwarna coklat serta kehitaman. Aroma serta posturnya mulai alami penurunan, kadang keluarkan citarasa seperti bau tanah (earthy). Buah semacam ini mesti telah diambil. 
Tidak hanya warna kulit, untuk memastikan kematangan buah kopi dapat di ketahui dari kandungan senyawa gula yang ada pada daging buah. Kopi yang sudah masak mempunyai kandungan senyawa gula relatif tinggi pada daging buahnya. Pada buah yang sudah masak, daging buah lunak serta berlendir dan merasa manis. 

Pemetikan buah kopi 
Pada tanaman kopi arabika, buah kopi yang sudah masak condong ringan rontok. Jika dilewatkan jatuh ke tanah, buah itu akan menyerap bau-bauan diatas tanah yang dapat turunkan kualitas kopi. Hingga disarankan untuk selekasnya menuai buah kopi arabika demikian tampak berwarna merah penuh. 

Buah kopi tidak dipanen serentak, proses pemetikan dikerjakan dengan cara setahap. Di bawah ini cara-cara pemetikan buah kopi : 


Pemetikan selektif. Pemetikan dikerjakan cuma pada buah yang sudah berwarna merah penuh atau sudah masak prima. Bekasnya dilewatkan untuk pemetikan setelah itu. 
Pemetikan 1/2 selektif. Pemetikan dikerjakan pada semuanya buah pada sebuah dompol. Syaratnya dalam dompolan itu ada buah yang sudah berwarna merah penuh. 
Pemetikan serentak atau petik racutan. Pemetikan dikerjakan pada semuanya buah kopi dari semuanya dompolan, termasuk juga yang berwarna hijau diambil habis. Umumnya pemetikan semacam ini dikerjakan di akhir musim panen. 
Lelesan. Pemanenan lewat cara memungut buah kopi yang gugur berjatuhan di tanah karena telah terlalu masak. 
Untuk melindungi produktivitas tanaman kopi, pemetikan mesti dikerjakan lewat cara yang benar. Cabut buah dengan cara vertikal supaya tidak mengakibatkan kerusakan tangkai buah, hingga akan tumbuh kembali buah pada tangkai itu. Menuai buah kopi lewat cara merebut tidak disarankan karena dapat mengakibatkan kerusakan tangkai.  

Sortasi buah kopi 

Pada step ini, buah kopi disortir berdasar pada mutunya. Pisahkan buah kopi dari kotoran, buah yang cacat serta buah berpenyakit. Lalu pilah buah yang merah serta mulus (buah superior) dari buah yang masih tetap kuning atau hijau (buah inferior). Pembelahan ini nanti akan memastikan grade kualitas kualitas kopi. 

Buah kopi yang sudah disortasi mesti selekasnya di proses janganlah disimpan kelamaan. Penundaan pemrosesan dapat menyebabkan reaksi kimia yang akan turunkan kualitas kopi. Untuk tahu lebih jauh tentang langkah mengolahnya

Sumber : https://alamtani.com/buah-kopi/

1 komentar:

  1. kami menyediakan jasa pembuatan HURUF TIMBUL untuk membuat nama atau brand:
    *Restoran
    *perusahaan
    *kantor
    *sekolah
    *salon
    *bank dan masih banyak lagi kegunaannya

    bahan yang kita gunakan yaitu:
    -Stenlis
    -Akrilik
    -Galnavil
    -Kuningan

    untuk harga nya mulai dari 20 - 40rb/ cm
    harga dapat menyesuaikan dari banyaknya huruf, disain huruf dan bahan yang akan di gunakan.

    selain itu kami juga menyediakan jasa pembuatan TOTEM DAN NEON BOX untuk PLN, SPBU, RUMAH SAKIT,BANK, STASIUN, DLL

    jasa layanan kami dapat di gunakan di seluruh daerah di Indonesia.

    untuk informasi lebih lanjut, anda dapat hubungi kami di :
    Tlp: 081996000567
    Wa : 081977000899
    office : Cv. Bahagia Sukses makmur
    Alamat : Taman Ubud Cendana 1 no.19 Lippo Village

    #HURUFTIMBULSTENLIS #HURUFTIMBULAKRILIK #HURUFTIMBULGALVANIL #HURUFTIMBULKUNINGAN #NEONBOX #TOTEMPLN #TOTEMSPBU https://id.pinterest.com/jasahuruftimbuli/

    https://jasahuruftimbulindonesia.wordpress.com/

    https://jasahuruftimbulindonesia.blogspot.com/

    https://twitter.com/jasahuruftimbu1

    https://www.instagram.com/jasahuruftimbulindonesia/

    https://huruftimbuljakarta14.blogspot.com/

    BalasHapus